Nonton Bareng Film Taare Zameen Par

Bookmark and Share


Tidak seperti biasanya, hari pertama Rapat Kerja (Raker) Guru SMAIT Nurul Fikri menyambut semester 2 Tahun Pelajaran 2011/2012 mengagendakan nonton bareng film Taare Zameen Par.

Film Taare Zameen Par menceritakan tentang seorang siswa kelas 3 SD, Ishaan Awasthi (diperankan oleh Darsheel Safary), yang bermasalah dalam belajar. Ishaan mengalami kesulitan dalam membaca dan menulis (biasa disebut disleksia), namun ia pintar melukis. Ia sering dimarahi oleh guru dan ayahnya. Karena sekolah sudah tidak sanggup menangani Ishaan, ayah Ishaan memindahkannya ke sekolah berasrama. Di sekolah baru, Ishaan mengalami perlakuan yang sama. Ia sering dimarahi karena ketidakmampuannya dalam memahami pelajaran. Akhirnya Ishaan putus asa, patah semangat. Sampai suatu hari, ada guru seni baru, Ram Shankar Nikumbh (diperankan oleh Aamir Khan), yang memberikan semangat pada Ishaan untuk bangkit. ......... (Wah kepanjangan ceritanya. Silakan lihat cerita lanjutannya dan juga kalau mau download filmnya di sini. Bisa juga nonton langsung dan download dari Youtube.).

Setelah menonton film Taare Zameen Par, banyak manfaat yang bisa diambil oleh para guru. Yang paling utama adalah bagaimana bersikap empati terhadap siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar.

Film ini juga sarat dengan tayangan yang berkaitan dengan materi sosiologi. Apa saja? Nilai dan norma, interaksi sosialsosialisasi, dan lain-lain.

Karena saya rasakan film ini sangat bermanfaat, pembelajaran sosiologi pada pekan pertama semester 2 saya isi dengan menayangkan film ini. Respon dari siswa cukup positif. Mudah-mudahan setelah nonton bareng film Taare Zameen Par, para siswa semakin semangat belajar.


{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar