Mata

Bookmark and Share
Kita melihat dengan mata. Oleh karenanya mata kita juga disebut indera. Mata mempunyai alis mata, kelopak mata, bulu mata. Bagian ini untuk melindungi mata, agar debu dan keringat tidak mengotori mata. Mata selalu basah dengan air mata. Air mata selalu mencuci mata kita bila kemasukan debu dan benda kecil ke mata.

Dalam mata kita terdapat berbagai alat misalnya:
1)    Selaput pelangi atau iris
2)    Anak mata atau pupil
3)    Urat saraf
4)    Selaput tanduk atau kornea
5)    Lensa
6)    Retina.

Di belakang lensa juga terdapat rongga. Rongga ini agak besar berisi zat cair. Dinding dalam bola mata bagian belakang disebut retina. Retina inilah yang peka terhadap cahaya. Retina dihubungkan dengan otak melalui saraf mata. Bila anda memandang sebuah benda, anda mengarahkan bola itu ke benda itu. Misalnya anda memandang ke pohon. Cahaya itu dari pohon masuk ke mata melalui pupil atau anak mata. Cahaya itu kemudian melewati lensa mata. Oleh lensa mata dibentuk gambar pohon pada retina. Gambar pohon tentu terbalik letaknya.

Otot-oto mata bergerak dengan lincahnya mengubah tebal tipisnya lensa. Dengan cara menebalkan dan menipiskan lensa, otot mata dapat mengatur agar jarak titik api lensa sesuai dengan jarak benda yang diamati. Kemampuan otot mata untuk menebal tipiskan lensa dengan benda disebut akomodasi.

Untuk melihat benda-benda yang dekat, otot mata kita membentuk lensa cembung. Untuk melihat benda-benda yang jauh otot-otot kita berusaha mengurangi kecembungan lensa. Perubahan bentuk lensa mata (akomodasi) agar benda-benda terlihat oleh mata normal.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar