Cara Membuat Blog Lebih Berkualitas

Bookmark and Share
Blogger mungkin bagi saya adalah hoby sehari-hari. Ya, karena dengan Blogger, menurut saya pribadi dapat meningkatkan kreatifitas entah dalam desain ataupun membuat suatu artikel. Blog yang ada di dunia ini tentunya tidak hanya satu, ada mungkin yang berbayar dan premium. Contohnya saja Wordpress, Joomla dll. Dan akhirnya saya memutuskan untuk menginjakkannya ke Blogger =p~

Enaknya Pake Blogger

Blogger, kenapa memilih Blogger ?? Ya, mungkin kebanyakan dari sobat disini juga tau akan kelebihan dan kekurangan Blogger. Padahal Blog-blog lainnya yang lebih premium juga banyak, sebut saja Wordpress. Dengan hosting lalu di gandakan pula dengan domain serta plugin-plugin yang dapat mempertajam kualitas Blog tersebut. Ya, mungkin saya akan sedikit mengulas kelebihannya saja, mengapa saya memilih Blogger. Yups, yang pertama Gratis, kedua mudah digunakan serta enak dimodifikasi.

Kualitas Yang Harus Tercapai

Dengan kelebihan di atas tadi, mungkin seharusnya sudah wajib bagi kita untuk membuat Blog menjadi berkualitas. Ya, dengan Blog berkualitas tentu saja akan membuat Blogger juga tidak kalah dengan Blog-blog berbayar lainnya. Bicara kualitas, disini Master Jin akan sedikit share Cara Membuat Blog Lebih Berkualitas. Banyak kategori kualitas, baiklah saya mulai dari yang pertama :)

1. Pertama, dalam artikel. Menurut Master Jin pribadi alias ala Master Jin lebih baik Blog sobat mengandung artikel-artikel yang mungkin itu sudah menjadi kelebihan sobat. Ya misalnya saja, sobat jago atau ahli dalam CSS Blogger, jadi lebih baik mengenai Tips Blogger. Bisa juga yang lain, misal Tips Komputer dan Internet. Usahakan Judul serta Deskripsi Blogger juga sesuai dengan kelebihan sobat tersebut. Tambahan, usahakan pula URL Blogger sobat juga mengandung kelebihan tersebut.

2. Kedua, tanam SEO dalam Blogger sobat. Mungkin di Google kalian bisa mendapatkannya sendiri, karena sudah banyak Blog yang share mengenai SEO. Sebisa mungkin, jangan terlalu berlebihan menanamkan SEO tersebut dan jangan lupa kualitas yang pertama tadi mengenak artikel. Karena saya sudah beberapa kali menemukan Blog dengan kualitas SEO tinggi tapi konten yang masih sangat kurang. Untuk tambahan mungkin Master Jin akan tambahkan share mengenai SEO Optimizer. Mungkin dampaknya juga tak hebat, tapi cukup berguna untuk mempertajam kualitas Blogger kalian di mesin pencari. Coba kalian lihat kode dibawah ini, salah satu milik saya pada kode Label.

<b:widget id='Label1' locked='false' title='Label' type='Label'>
<b:includable id='main'>
<b:if cond='data:title'>
<h3><data:title/></h3>
</b:if>
<div expr:class='&quot;widget-content &quot; + data:display + &quot;-label-widget-content&quot;'>
<b:if cond='data:display == &quot;list&quot;'>
<ul>
<b:loop values='data:labels' var='label'>
<li>
<b:if cond='data:blog.url == data:label.url'>
<span expr:dir='data:blog.languageDirection'><data:label.name/></span>
<b:else/>
<a expr:dir='data:blog.languageDirection' expr:href='data:label.url' expr:title='data:label.name'><data:label.name/></a>
</b:if>
<b:if cond='data:showFreqNumbers'>
<span dir='ltr'>(<data:label.count/>)</span>
</b:if>
</li>
</b:loop>
</ul>
<b:else/>
<b:loop values='data:labels' var='label'>
<span expr:class='&quot;label-size label-size-&quot; + data:label.cssSize'>
<b:if cond='data:blog.url == data:label.url'>
<span expr:dir='data:blog.languageDirection'><data:label.name/></span>
<b:else/>
<a expr:dir='data:blog.languageDirection' expr:href='data:label.url' expr:title='data:label.name'><data:label.name/></a>
</b:if>
<b:if cond='data:showFreqNumbers'>
<span class='label-count' dir='ltr'>(<data:label.count/>)</span>
</b:if>
</span>
</b:loop>
</b:if>
</div>
</b:includable>
</b:widget>

Coba kalian bandingkan dengan kode yang ada di Blog sobat, disitu saya hanya menambahkan sedikit pada titlenya. Sebelumnya, coba kalian cek SEO Blog kalian di Chkme.com (tapi kondisi label kalian masih utuh belum diubah) kemudian bandingkan dengan tambahan title, saya yakin di Chkme.com pada Website Link lalu klik show akan mengalami perubahan. Contoh dari title di atas :

 expr:title='data:label.name'

Jadi kesimpulan yang kedua ini hanyalah menambahkan title pada suatu Link aktif pada Blog sobat. Tidak hanya pada Label, kalian bisa tambahkan pula pada yang lainnya, misal pada Posting Populer. Kalian bisa dapatkan itu di Google, karena sudah banyak Blog yang mengulas mengenai penambahan title, jadi mungkin Master Jin tidak perlu mengulasnya kembali :-)

3. Ketiga, yaitu kualitas tampilan Blogger sobat yang tak kalah untuk saya informasikan pula. Mungkin sobat juga merasakan sendiri dengan perkembangan jaman. Coba bandingkan Blog-blog terdahulu hingga sekarang, pasti banyak perbedaan. Menurut Master Jin pribadi Blogger jaman sekarang sudah keren-keren. Ya, itu semenjak sudah terkenalnya atau masuknya Valid HTML5, CSS3 dan Responsive. Mungkin juga dari ketiga tersebut sangatlah sukar bagi pemula, jadi membuat gabungan warna desain Blog menurut Master Jin juga sudah sangatlah cukup, yang penting enak dipandang. Jadi saran Master Jin bagi yang sudah berpengalaman, ketiga itu jangan sampai ketinggalan untuk kualitas Blog kalian. Mengenai cara membuat Blog Valid HTML5 dll. bisa kalian browsing sendiri di Google, karena sudah banyak pula yang mengulasnya.
Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan, ya itu merupakan pengalaman pribadi saya. Tidak ada salahnya kan kalau saya mengulas Cara Membuat Blog Lebih Berkualitas yang mungkin sedikit sulit bagi para sobat. Tapi pesan saya terakhir, Jangan Takut Gagal dan Jangan Takut Mencoba (o)

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar