Kebudayaan tertua di dunia

Bookmark and Share
Kebudayaan tertua di dunia dimulai dari perkembangannya dari daerah aliran sungai besar, seperti Mesir di Lembah Sungai Nil, Mesopotamia di Lembah Sungai Tigris-Eufrat, kebudayaan India di Lembah Sungai Indus dan Sungai Gangga dan kebudayaan Cina di sekitar Sungai Hoang Ho (Sungai Kuning). Sedangkan kehidupan tertua di Eropa adalah Yunani dan Romawi di sekitar Laut Tengah (Laut Mediteran).

Peradaban Lembah Sungai Nil (Mesir) pada tahun +/- 4.000 SM
Mesir terletak di bagian timur Laut Afrika, Sungai Nil bermanfaat sebagai urat nadi kehidupan bangsa. Ibu kota Mesir kuno adalah Memphis, kepercayaan masyarakatnya adalah politeisme (menyembah banyak dewa). Peninggalan yang sekarang bisa diketahui antara lain: mayat yang diawetkan (mummi), huruf suci yang dipahat (hieroglif), piramida, patung sphinx, obelisk, dan kuil.

Peradaban Lembah Sungai Tigris dan Sungai Eufrat (Mesopotamia) tahun +/- 2.000 SM
Mesopotamia pernah dikuasai oleh bangsa-bangsa seperti:
-    Bangsa Sumeria (kemudian bangsa Akadia dan Semit)
-    Bangsa Babylonia Lama
-    Bangsa Assyria
-    Bangsa Babylonia Baru
-    Bangsa Persia.
Penduduk asli Mesopotamia adalah bangsa Sumeria (Babylonia). Penduduknya menyembah banyak dewa (politeisme). Undang-undang peninggalan yang terkenal adalah hukum “Hammurabi”, seni bangunannya yang terkenal adalah “kuil Ziggurat dan taman bergantung” yang dibangun pada masa kerajaan Babylonia Baru. Pengetahuan ilmu falak dan perbintangan sudah dikenal, telah mengenal tulisan dengan “huruf paku”.

Peradaban Lembah Sungai Indus (India) pada tahun +/- 3.000 SM
Dari pegunungan Himalaya terdapat hulu sungai-sungai besar, yaitu Sungai Indus, Sungai Gangga, dan Sungai Brahma Putra. Daerah aliran Sungai Gangga dan Indus sangat subur disebut Hindustan. Bangsa asli di India adalah bangsa Dravida, diperkirakan pada tahun 2.000 SM bangsa Arya dari Asia Tengah datang ke India melalui “celah Kaiber”. Percampuran bangsa Arya dan Dravida melahirkan kebudayaan Hindu, bahkan juga agama Hindu. Tulisan yang digunakan adalah piktograf yang hurufnya seperti gambar.

Peradaban Lembah Sungai Kuning (Cina) pada tahun +/- 1.400 SM
Sisa-sisa peninggalan peradaban tua di Cina terdapat di Lembah Sungai Yang Tse Kiang, Sungai Hoang Ho, dan Sungai Huai. Dinasti pertama di Cina adalah Dinasti Shang berpusat di Lembah Sungai Hoang Ho. Pemikir besar antara lain Kong Hu Cu dan Lao Tse pada masa Dinasti Chou. Kemudian Dinasti Chou digantikan Dinasti Chin (Qin), pada masa pemerintahan Kaisar Sih Huang Ti berhasil membangun Tembok Raksasa Cina. Dinasti Han selanjutnya menggantikan Dinasti Chin. Agama Hindu masuk ke Cina dari India pada masa Dinasti Han.

Bangsa Mongol pada tahun 1.200 masuk ke Cina dipimpin Kubilai Khan dan mendirikan Dinasti Yuan. Kaisar Kubilai Khan pernah mengirim utusan ke Singasari pada masa pemerintahan Raja Kertanegara dan memaksa Raja Kertanegara untuk mengakui kekuasaan serta mengirim upeti.

Peradaban di Eropa (Yunani dan Romawi)
Yunani tahun +/- 2.000 SM
Yunani terletak di bagian selatan Semenanjung Balkan, yang merupakan kepulauan di sekitar Laut Ionia, Laut Tengah, dan Laut Aegea. Suatu kebudayaan tinggi berkembang di daerah Kreta. Bangsa Kreta menguasai perdagangan di Laut Tengah. Bangsa Yunani pertama kali datang menyerbu dan berhasil membentuk kota (polis) yaitu: Sparta dan Athena. Tokoh filsafat Yunani yang terkenal antara lain: Socrates, Plato dan Archimedes. Ahli sejarah seperti Herodotus, ahli matematika seperti Phytagoras dan lain-lain. Dalam perkembangannya, Athena menjadi negara demokrasi sedangkan Sparta menjadi negara militer.

Kekaisaran Romawi dimulai pada masa pemerintahan Octavianus Agustus. Kaisar yang pernah memerintah antara lain Dinasti Yulius, Claudius, Dinasti Plauius, Kaisar Hadrianus, Antonius dan Marcus Aurelius dan kekuasaan kaisar-kaisar tentara.

kunjungi juga: http://matakristal.com/

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar