Pengertian RAM

Bookmark and Share
Pengertian RAM adalah salah satu jenis memory internal yang menentukan kemampuan sebuah komputer. RAM adalah jenis memory yang isinya dapat diganti-ganti selama komputer hidup dan mempunyai sifat bisa mengingat data atau program selama terdapat arus listrik dan dapat menyimpan maupun mengambil data dengan sangat cepat. Pengertian RAM bersifat sementara yang artinya data yang tersimpan dapat terhapus.

Lain halnya dengan ROM, meski memiliki fungsi yang sama akan tetapi ROM bersifat permanent yang artinya data yang tersimpan tidak dapat kita hapus lagi. Memory internal (Internal Memory) bisa disebut juga memory utama (main memory) dan memory primer (primary memory). Komponen memory ini berfungsi sebagai pengingat.
Pengertian RAM sangat penting dalam komponen komputer, itu di karenakan RAM mendukung kecepatan prosesor dalam mengolah data dan instruksi. Dengan menggunakan tambahan RAM ke dalam komputer, kita dapat menghasilkan pengaruh positif pada kinerja dan kecepatan komputer, meskipun RAM sebenarnya tidak menentukan kecepatan komputer.

Besar kapasitas Pengertian RAM juga bermacam-macam, mulai dari 128 MB, 256 MB, 512 MB, 1 GB, 2 GB, dan 4 GB.

CPU memiliki tiga tingkat cache atau internal RAM. Cache prosesor terdiri dari statis RAM ( SRAM ), yang tidak sama dengan memori khas diinstal pada motherboard , yang disebut pengertian RAM dinamis (DRAM). Ketika CPU akan mencari data, cek pertama cache Level 1 (L1), maka Level 2 (L2), kemudian Tingkat 3 (L3). Baru setelah itu ia akan menarik data dari DRAM.

Jenis-Jenis RAM juga bervariasi, di antaranya adalah DRAM (Dynamic Random Access Memory), SRAM (Static Random Access Memory), EDORAM (Extended Data Out Random Accses Memory), SDRAM (Synchronous Dynamic Random Acces Memory), RDRAM (Rambus Dynamic Random Acces Memory), NV-RAM (Non-Volatile Random Access Memory) dan VGRAM (Video Graphic Random Acces Memory).

Seluruh proses dapat dilihat sebagai sebuah antrian data dari DRAM eksternal, ke internal RAM dan akhirnya ke instruksi pemrosesan yang sebenarnya. Fungsi tertentu dalam program apapun ditetapkan pada prioritas yang lebih tinggi daripada yang lain, dan mereka akan dipindah ke depan antrian sebagai bagian dari optimasi program individu.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar