Rangkaian Sound System

Bookmark and Share
Rangkaian Sound System merupakan rangkaian yang terdiri dari seperangkat peralatan reproduksi suara yang meliputi microphone, tape recorder – player, mixer ( pencampur suara ), amplifier dan speaker monitor. Sound system sendiri terbagi atas beberapa komponen yang kemudian di rangkai terpadu untuk dapat melakukan pekerjaan – pekerjaan yang berkaitan dengan suara/bunyi (auditif).

Suatu rangkaian sound system yang bagus dan berkualitas harus mampu mereproduksi audio dari 20 Hz samapi 20.000 Hz. Oleh karena itu, semua komponen sound system atau Sewa Lighting (microphone, tape recorder – player, mixer, amplifier dan speaker monitor) harus mampu merespon seluruh bidang frekuensi audio seperti yang sudah saya jelaskan tadi. Selain itu, perangkat sound system juga di gunakan untuk tujuan – tujuan komersial, seperti stasiun radio, stasiun tv, public address dan masih banyak lagi.

Di lihat dari kegunaannya, rangkaian sound system di bagi menjadi 2 macam dan masing – masing untuk di gunakan di dalam (indorr) dan di luar (outdorr). Keduaanya sudah jelas sangat berbeda, karena fungsi dan jenisnya. Untuk penggunaan indorr, misalnya power amplifier cukup 50 watt, sedangkan untuk penggunaan outdorr di perlukan power amplifier sekitar 1 – 5 kw yang biasa di berikan oleh Sewa Lighting dan Sewa Musik.

Untuk sound system yang menggunakan indorr 5 buah microphone sudah memadi, tetapi untuk penggunaan outdorr nya sekitar 10 – 20 buah microphone. Mengapa untuk penggunaan di luar begitu banyak ? Sebagai contoh , untuk drum saja yang harus membutuhkan minimal 5 buah microphone, itu belum termasuk untuk instrumen lainnya.

Dalam rangkaian sound system sederhana, power amplifier kadang terdapat dalam satu kemasan dengan mixer yang di sebut power mixer atau juga bisa di bilang power amplifier yang tercakup dalam dalam kotak speaker yang lebih kita kenal dengan speaker aktif. Namun betapa rumitnya sebuah sound system tetap akan berada pada prinsip yang stabil.

Pencampuran suara (mixer) untuk indoor 8 trak sudah bisa memadai tetapi untuk outdoor yang menggunakan minimal 24 trak. Tuntutan di atas tentu saja harus tidak mutlak namun bila kita bicara soal kualitas maka tuntutan di atas harus dipandang sebagai tuntutan profesionalitas yang luas.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar