Rangkaian Anemometer Elektronik

Bookmark and Share

Rangkaian Anemometer Elektronik adalah rangkaian digital yang di gunakan untuk mengukur kecepatan angin yang sering di pakai dalam bidang Meteorologi dan Geofisika atau stasuin prakiraan cuaca. Rangkaian Anemometer Elektronik di buat oleh Leon Battista Alberti pada tahun 1450. Selain untuk mengukur kecepatan angin, rangkaian anemometer juga dapat mengukur besarnya tekanan angin.

Anemometer adalah suatu alat yang banyak di gunakan untuk mengukur kecepatan angin. Angin merupakan udara yang bergerak ke segala arah, angin bergerak dari suatu tempat menuju ke tempat yang lain. Jika pergerakan angin masih normal, angin sangat berguna bagi kehidupan manusia, tapi misalkan pergerakan angin sudah tidak sesuai aturan atau di atas normal angin akan menjadi bencana bagi manusia, seperti badai, angin topan, angin puyuh, puting beliung dan tornado.


Di berbagai negara internasional, angin sering di manfaatkan sebagai sumber energi alternatif nonkonvcensional sehingga banyak mendapat perhatian. Angin merupakan sumber energi yang tidak ada habisnya sehingga pemanfaatannya pada sistem konversi energi angin akan berdampak positif terhadap lingkungan.

Berikut ini Gambar Skema Rangkaian Anemometer Elektronik :

Daftar komponen anemometer elektronik :
R1 = 1K
R2 = 1K
R3 = 1K
R4 = 1K
D1, D2, D3, D4

Hubungan antara rangkaian anemometer dengan angin yang berhembus di karenakan beberapa angin di bagian timur lebih banyak mendapat panas matahari jika di bandingkan tempat lain. Itu terjadi karena permukaan tanah yang panas membuat suhu udara di atasnya naik. Akibatnya udara menjadi mengembang dan menjadi lebih ringan. Karena itu lah udara di sekitarnya akan naik.

Begitu udara yang di hasilkan akan naik, tempat yang di hasilkan akan segera di gantikan oleh udara sekitarnya, terutama udara dari atas yang lebih dingin dan berat. Proses ini terjadi terus menerus akibatnya kita bisa merasakan adanya pergerakan udara atau kita sebut dengan angin. Anemometer di rancang untuk dapat mengukur dan merekan kecepatan angin distribusi 0-17 meter per detik. Rangkaian ini di rancang khusus untuk keandalan yang tinggi, kemudahan konstruksi dan untuk berbagai macam lingkungan.


{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar