Rangkaian PCB

Bookmark and Share
Rangkaian PCB (Printed Circuit Board) adalah papan yang berfungsi untuk meletakan komponen-komponen menjadi suatu rangkaian elektronika. Papan PCB terbuat dari bahan pertinaks yang sudah di lapisi dengan tembaga di mana lapisan tembaga berfungsi sebagai penghubung komponen satu dengan yang lainnya dalam suatu rangkaian.

PCB adalah sebuah papan yang di penuhi dengan sirkuit dari logam yang menghubungkan komponen elektronik yang berada di atasnya satu sama lain, rangkaian pcb juga memiliki jalur-jalur konduktor yang terbuat dari tembaga dan berfungsi untuk menghubungkan komponen lainnya.
PCB pertama kali di temukan oleh Paul Eisler pada tahun 1936, yang berasal dari Austria. Penemuan pertama adalah dengan menggunakan papan sirkuit ini ke dalam sebuah radio. Kemudian pada tahun 1943, Amerika Serikat menggunakan papan PCB dengan jumlah besar dalam radio militer mereka dan komersialisasi papan pcb cetak di Amerika Serikat di tahun 1948. Setelah tahun 1950, papan sirkuit cetak telah banyak digunakan secara massal di dalam industri elektronik.

Bahan yang di gunakan untuk membuat rangkaian PCB adalah sejenis fiber sebagai media isolasinya yang di lapisi cat berwarna hijau, sedangkan jalur konduktornya menggunakan tembaga.

PCB terbagi dalam berbagai macam jenis menurut kegunaannya, yaitu PCB 1 slide (PCB yang di gunakan pada rangkaian elektronika seperti radio, tv, dan lainnya), PCB double slide (kedua sisi PCB di gunakan untuk menghubungkan komponen) dan PCB multi slide (bagian PCB luar ataupun dalam di gunakan sebagai media penghantar, misalnya pada rangkaian PC).

Cara pembuatan rangkaian PCB juga sangat praktis, selain biayanya sangat murah, hasilnya juga tidak kalah menarik jika di bandingkan dengan dengan cara menulis langsung dengan spidol permanen, sablon atau memakai media transfer paper yang harganya cukup mahal.

Rangkaian PCB ini berguna untuk mengetahui suatu hubungan antara jalur satu dengan jalur lainnya. Cara pemakaiannya pun cukup mudah, anda hanya tinggal meletakan komponen di atas papan PCB. Bila sudah terhubung, komponen tersebut akan melekat dengan papan PCB.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar