Rangkaian RC

Bookmark and Share
Rangkaian RC atau yang biasa di sebut dengan rangkaian Resistor dan Kapasitor sering kita jumpai dalam suatu rangkaian elektronika. Rangkaian RC tersusun dari dari satu resistor dan satu kapasitor yang merupakan rangkaian rc paling sederhana.

Komponen dalam suatu rangkaian Resistor – Kapasitor dapat di gunakan untuk menyaring sinyal dengan cara menahan ( block ) frekuensi sinyal tertentu dan meneruskan sinyal yang lainnya. Filter RC terbagi menjadi 4 macam, di antaranya high – pass filter, low – pass filter, band – pass filter dan band – stop filter.

Rangkaian RC sederhana adalah rangkaian seri resistor dan kapasitor. Ketika rangkaian hanya terdiri dari satu kapasitor bermuatan dan satu resistor, kapasitor tersebut akan melepaskan energy yang di simpannya melalui resistor. Beda potensial di kapasitor, yang tergantung pada waktu dapat di hitung menggunakan hukum Kirchhoff. Dalam hukum Kirchhoff menyatakan bahwa arus yang melewati kapasitor harus sama dengan arus yang melewati resistor. Hasil dari arus kedua ini berupa persamaan diferensial linier.

Rangkaian RC Seri dan Paralel. Rangkaian RC Paralel sangat kurang menarik jika di bandingkan dengan rangkaian seri. Hal ini di sebabkan tegangan keluaran arus sama dengan masukan. Jadi, dalam rangkaian ini tidak berperan sebagai filter kecuali di beri sumber arus.

Bentuk matematika dalam rangkaian ini dapat di turunkan dengan menggunakan hukum kekekalan energi. Gaya gerak listrik baterai akan sama dengan jumlah tegangan jatuh dari resistor dan kapasitor. Tahanan ini meliputi seluruh tahanan dalam rangkaian termasuk tahanan dalam baterai. Rangkaian i merupakan arus dalam rangkaian pada suatu saat dan Q muatan pada kapasitor pada saat yang sama. Keduanya merupakan fungsi waktu. Besar muatan yang mengalir melalui resistor sama dengan jumlah muatan yang terkumpul pada kapasitor.

Persamaan dari suatu rangkaian ini dapat dilihat dalam muatan Q pada kapasitor bertambah dari Q=0 pada t=0, hingga mencapai harga maksimum Q=C setelah jangka waktu yang sangat lama. Besarnya RC di sebut konstanta waktu ( time constant ) rangkaian. Hal ini menunjukan bahwa waktu yang di perlukan kapasitor untuk mencapai (1- e-1) atau 63 % dari muatan maksimum.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar