Bentuk muka bumi

Bookmark and Share
Permukaan bumi sebenarnya tidak rata seperti dugaan orang sebelumnya, melainkan ada yang tinggi ada yang rendah. Kenampakan yang ada di permukaan bumi sering disebut relief, yaitu keadaan tinggi rendahnya permukaan bumi. Relief tidak hanya terdapat di daratan, tetapi juga terdapat di lautan.

Bumi terbagi atas beberapa lapisan, diantaranya:
a.    Inti bumi (barisfer) terdiri atas nikel dan ferrum (nife) yang padat
b.    Astenosfer atau lapisan pengantara, merupakan lapisan yang cair dan berpijar
c.    Litosfer adalah lapisan bumi yang paling luar. Lapisan ini terbagi atas lapisan silisium alumunium (sial) dan silisium magnesium (sima).

Berdasarkan teori tektonik lempeng menyatakan bahwa bumi terdiri atas beberapa lempeng utama dan lempeng tambahan. Lempeng utama terbagi atas dua yaitu lempeng benua dan lempeng samudera, meliputi lempeng Asia, lempang Afrika, lempeng Amerika, lempeng Pasifik, lempeng Australia, dan lempeng Antartika. Lempeng-lempeng tersebut tidak diam melainkan bergerak dengan kecepatan bervariasi antara 3 – 6 cm per tahun dengan gerakan yang berbeda. Di antara gerakan lempeng tersebut ada yang saling bertabrakan (konvergen), ada yang saling menjauh (divergen), dan ada yang saling bergesekan.

Dua lempeng yang saling bertubrukan misalnya lempeng Asia dengan lempeng Australia akan terbentuk jalur pegunungan, palung dan jalur gempa. Lempeng yang saling bergesekan akan terbentuk sesar. Sedangkan lempeng yang saling berjauhan akan terbentuk pematang (ridge) atau rekahan-rekahan.

Akibat dari gerakan lempeng-lempeng tersebut maka terjadilah bentuk muka bumi seperti yang ada sekarang ini. Gerakan-gerakan itu terjadi akibat adanya suatu tenaga yang sangat besar yang terdapat di dalam bumi.

kunjungi juga: http://matakristal.com/

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar