Proses pembentukan harga dilihat dari segi kurvanya

Bookmark and Share
Proses pembentukan harga dilihat dari segi kurvanya
a.    Kurva harga jual yaitu P (Price) sama dengan kurva AR dan MR dan sekaligus merupakan kurva permintaan (DD) dan penawaran (SS), sehingga kurva P = AR = MR = D = S.
b.    Terbentuknya harga ditunjukkan oleh perpotongan kurva MC dengan MR (di titik A).
c.    Kurva MC berbentuk seperti huruf “J” dan selalu berpotongan dengan kurva AC pada titik terendahnya.
d.    Bila perpotongan kurva MC dengan MR terletak di atas AC atau P > AC maka posisi perusahaan adalah laba maksimum, karena harga jual dapat menutup semua biaya produksi rata-ratanya.
e.    Bila perpotongan kurva MC dengan MR tepat pada titik terendah kurva AC maka posisi perusahaan adalah break even (impas = pulang pokok).
f.    Bila perpotongan kurva MC dengan MR terletak di bawah AC akan tetapi masih di atas AVC maka posisi perusahaan adalah rugi minimum, karena harga jual masih dapat menutup biaya variabel dan sebagian dari biaya tetap.
g.    Bila perpotongan kurva MC dengan MR terletak di bawah kurva AVC maka posisi perusahaan adalah rugi maksimum, karena harga jual sudah tidak dapat menutup biaya variabel. Pada kondisi inilah seharusnya perusahaan menutup usahanya (gulung tikar) dan pindah pada bidang usaha lain yang memungkinkan memberikan pendapatan yang lebih tinggi.

kunjungi juga: http://matakristal.com/

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar