Makanan yang sehat dan bergizi

Bookmark and Share
Setiap hari manusia membutuhkan makanan. Bermacam-macam jenis makanan yang kita makan. Makanan yang kita makan sehari-hari harus memenuhi syarat kesehatan. Makanan yang memenuhi syarat kesehatan adalah makanan yang sehat. Makanan sehat adalah makanan yang bersih, tidak mengandung bibit penyakit, kandungan gizinya seimbang, dan bebas dari bahan pengawet.

Makanan yang masuk ke dalam tubuh kita dilumatkan dan dihancurkan sehingga menjadi sari makanan. Sari makanan adalah zat-zat dari makanan yang dapat diserap dan diedarkan oleh darah.

Tidak semua makanan dapat dicerna oleh alat pencernaan kita. Bagian makanan yang tidak dapat dicerna disebut sisa makanan atau ampas makanan. Sisa makanan kita keluarkan bersama tinja melalui pelepasan.

Agar badan tetap sehat, kita harus berolah raga secara teratur. Selain berolah raga, kita juga perlu makan makanan yang sehat dan bergizi. Makanan bergizi adalah makanan yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral.

Menu adalah susunan jenis-jenis makanan yang bergizi untuk memenuhi kebutuhan tubuh dan disusun secara bervariasi. Manfaat perencanaan menu makanan seimbang adalah...
a.    Agar tidak membosankan
b.    Agar tubuh mendapatkan makanan yang bergizi setiap hari
c.    Agar nafsu makan bertambah.

Makanan empat sehat lima sempurna terdiri dari makanan pokok, lauk pauk, sayur mayur, buah-buahan, dan susu.

Bahan tambahan buatan tidak baik untuk kesehatan karena dapat merusak bagian-bagian tubuh kita dan dapat membuat keracunan tubuh. Bahan pengawet, pewarna, dan penyedap makanan boleh digunakan asal tidak melebihi batas yang diijinkan oleh Departemen Kesehatan.

Sebelum kita mengkonsumsi suatu jenis makanan, kita harus cermat dan jeli. Jika kita membeli makanan yang dibungkus kaleng, maka perlu dilihat masa kadaluarsanya dan bentuk kaleng tersebut harus dalam keadaan bagus dan tidak rusak (berkarat).

Ciri-ciri atau tanda makanan atau minuman yang telah rusak antara lain:
-    Baunya menusuk hidung
-    Warna dan bentuknya berubah kehitam-hitaman
-    Permukaannya basah dan berair
-    Rasanya tidak enak.

Kunjungi juga: http://matakristal.com/

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar