Rangkaian Pendeteksi Suara Sederhana

Bookmark and Share

Rangkaian Pendeteksi Suara Sederhana – Suara adalah gelombang mekanis yang merupakan osilasi tekanan yang ditularkan melalui, gas padat cair, atau, terdiri dari frekuensi dalam kisaran pendengaran dan dari tingkat yang cukup kuat untuk didengarkan, atau sensasi yang  dirangsang pada organ pendengaran oleh getaran seperti propagasi suara. Hal yang sangat mengasyikan dan menyenangkan bila kita bisa mendeteksi suara dengan jelas dari jarak jauh.
Untuk bisa mendeteksi suara dari jarak jauh kita membutuhkan alat khusus. Namun jangan khawatir di sini kami akan memperkenalkan sebuah alat, yakni rangkaian pendeteksi suara sederhana. Alat ini menggunakan kabel tunggal seperti kabel speaker atau kabel bel. Rangkaian ini dapat diposisikan jarak jauh, misalnya, di bagian bawah kebun atau garasi, dan digunakan untuk mendeteksi semua suara di daerah itu. Kabel dapat dikubur dalam selang atau saluran dan tersembunyi dari pandangan. Mic adalah insert mic biasa dinamis dan harus ditempatkan di sebuah wadah (chasis) tahan air dengan seluruh rangkaian.

 Gambar Skema Rangkaian Pendeteksi Suara Sederhana
Adapun cara bekerja rangkaian pendeteksi suara sederhana ini adalah sebagai berikut. Output mic diperkuat oleh dua transistor, output diumpankan ke kabel melalui kapasitor 220u. Di sini, ia memiliki tujuan ganda untuk mencegah pasokan DC dari gangguan bias dari rangkaian, dan juga memungkinkan output audio AC yang lebih kecil untuk meluncur di jalur. Pada power supply, audio pulih oleh kapasitor preset dan 220u 10k. Hal ini digunakan untuk memberi umpan penguat audio kecil.
Demikianlah pembahasan mengenai rangkaian pendeteksi suara sederhana.  Silakan dicoba dan semoga bermanfaat.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar