Rangkaian Tachometer

Bookmark and Share

Rangkaian Tachometer adalah sebuah alat yang di gunakan untuk mengukur kecepatan rotasi dari sebuah benda. Rangkaian tachometer sangat bermanfaat bagi pengemudi mobil, karena dapat menjadi petunjuk untuk menjalankan mobil dengan hemat. Dengan tachometer, pengemudi akan mengetahui kapan waktu yang tepat untuk dapat mengganti posisi gigi.
Selain untuk mengetahui waktu pengganti mobil, tachometer juga dapat lebih menghemat pemakaian bahan bakar apabila menjalankan kendaraan pada putaran sesuai dengan petunjuk yang sudah di berikan. Selain untuk mengukur kecepatan mobil, tachometer juga dapat dengan akurat mengukur kecepatan sepeda motor, dengan cara menghitung jarak tempuh roda belakang yang berhubungan dengan putaran mesin.
Rangkaian tachometer akan secara otomatis memberikan peringatan kepada pengemudi apabila tingkat putaran pada mesin telah mencapai tahap maksimum. Jadi misalkan pengemudi yang suka memacu mesin hingga RPM tinggi dapat menyebabkan mesin dengan cepat tingkat putaran mesin, itu lah gunannya tachometer yang akan memberi peringatan supaya pengemudi menjalankan dengan pelan mobil yang di kendarainnya.

Dalam penggunaan mobil, rangkaian tachometer mengukur kecepatan di mana perangkat mekanik berputar. Karena jika menjalankan mobil dengan kecepatan yang terlalu tinggi dapat menyebabkan umur mesin kendaraan anda menjadi lebih pendek sehingga tidak tahan lama untuk di gunakan lagi.
Misalkan untuk penggunaan tachometer pada pesawat di letakan pada setiap mesin. Kalaw pesawat yang menggunakan baling-baling, tachometer sangat di butuhkan untuk setiap baling-baling. Baling-baling pesawat biasanya beroperasi dengan kecepatan RPM yang lebih tinggi  dari baling-balingnnya. Dengan begitu, pilot atau awak pesawat akan mengetahui apabila terjadi masalah pada bagian tertentu.
Rangkaian tachometer yang terdapat pada mobil, pesawat terbang dan kendaraan lainnya, menunjukan kecepatan rotasi perputarannya pada poros engkol mesin dan secara tipikal sudah menandakan indikasi jangkauan keselamatan dari perputaran mesin. Hal ini mampu menolong pengemudi dalam menyeleksi akselerasi yang pas dan pengaturan rotasi mesin untuk segala macam kondisi kendaraan.
Demikian penjelasan singkat mengenai Rangkaian Tachometer, semoga rangkaian yang di bahas kali ini berguna dan bermanfaat bagi anda yang membutuhkan rangkaian ini.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar