Belajar Qiroat Alqur’an Sejak Dini, Akan Berguna Selamanya..

Bookmark and Share

Teringat ketika di bangku SMP, saya diperkenalkan dengan qiroat, itu lho.. membaca Alqur’an pake nada atau lagu, saat itu perlombaan MTQ sering diadakan di tingkat lokal. Ya..lumayanlah buat pengalaman walaupun cuma sampai tingkat kabupaten..sebenarnya suaraku gak bagus-bagus amat sih..tapi karena belajar dengan guru ngaji, alhamdulilah bisa dipercaya untuk ngisi di pembukaan pengajian atau acara walimahan.

Saya pernah belajar dengan Kang Tutang, waktu SD di mushola, waktu itu yang dipelajari hanya dasar-dasarnya saja. Kemudian, ketika SMP, sekolah mengadakan latihan massal pada malam hari oleh seorang qori wanita, saya lupa namanya, tapi lagi-lagi saya hanya menerima pelajaran prakteknya, teorinya tidak ada. Saya sebenarnya ingin sekali belajar secara teori, yang katanya ada lagu Bayati, dsb..Kemudian Pak Ghufron guru SMP saya, juga memberikan pelajaran qiroat, dengan mengundang anak-anak sekitar untuk belajar di mushola sekolah.

Memang belajar Alqur’an khususnya qiroat, memerlukan minat, bakat, dan terpenting latihan terus menerus. Saya sudah lama sekali tidak belajar, setelah dulu hanya belajar ketika waktu sekolah, setelah itu ya..hanya otodidak, mengingat apa yang sudah pernah dipelajari dulu, tapi  bacaan serta nada yang pernah diberikan ustadz dulu, masih teringat hingga sekarang, walaupun tidak sepenuhnya.

Hingga beberapa waktu lalu saya googling tentang tutorial belajar qiroat, saya menemukan file MP3 yang berisi Belajar Bimbingan Tilawah Alqur’an oleh H. Muammar ZA, saya berterima kasih sekali dengan yang sudah berbagi, dan terutama kepada H. Muammar ZA dan Qori lain, sebagai inspirator bagi anak muda yang ingin belajar qiroat.

Berikut link downloadnya bisa diklik DISINI

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar