Jenis-jenis musik

Bookmark and Share
Sebagai bahan apresiasi, berikut ini disajikan beberapa jenis musik dunia yang banyak dikenal dan diminati oleh masyarakat dunia sejak zaman dahulu hingga sekarang.
1.    Musik rock and roll (sering ditulis dengan rock’n roll) adalah jenis musik yang terlahir pada era 1960-an dan merupakan cikal bakal perkembangan musik hiburan dunia yang kita kenal hingga sekarang. Jenis musik ini pada awalnya tidak diterima oleh masyarakat karena dianggap merusak kaidah-kaidah musik serta berpenampilan tidak sopan. Tokoh-tokoh musik jenis ini diantaranya adalah Elvis Presley, Little Richard, The Beatles, dan The Rolling Stones.
2.    Musik Hard Rock, adalah jenis musik yang dianggap tidak patut didengarkan dan ditiru karena suaranya yang keras dan penampilannya yang urakan. Penampilan musik jenis ini sering menimbulkan keributan dan dianggap sangat erat hubungannya dengan kekerasan dan obat-obatan terlarang. Akan tetapi, anggapan tersebut tidak seluruhnya benar karena tidak sedikit kelompok musik yang beraliran hard rock justru menghindari obat-obatan terlarang.
3.    Musik Classic Rock, adalah penggabungan antara unsur-unsur musik rock dengan unsur-unsur klasik dalam musik. Kemurnian rock sangat dijaga dalam musik ini tetapi warna klasik sangat pula menonjol.
4.    Musik Brass Rock, merupakan perpaduan antara musik rock dengan instrumen musik brass seperti saksofon, trombone, dan trompet. Warna jazz pada penampilan jenis musik ini sangat terasa sehingga orang salah menyebutkannya sebagai jazz rock.
5.    Musik pop, merupakan bentuk musik yang mengadopsi berbagai unsur musikal demi tercapainya nilai estetika musikal. Jenis musik ini sesungguhnya tidak jauh berbeda dari bentuk-bentuk musik lainnya mengingat komposisi musik hampir seluruhnya memanfaatkan perlengkapan elektronik beserta seluruh efeknya. Dahulu, jenis musik ini dinamakan sebagai musik easy listening. Pemusik dan penyanyi yang berada di bawah naungan aliran musik adalah Michael Jackson (termasuk kelompok The Jackson Five), Elton John, serta banyak penyanyi lainnya sejak periode 1960-an hingga awal abad ke-21.

Selain jenis dan warna musik di atas, pada saat ini masih banyak corak dan warna musik lainnya yang sangat disukai oleh masyarakat. Misalnya jenis musik Rhytm and Blues (R&B), Soul, Funky, Reggae, dan lain sebagainya. Masing-masing jenis atau aliran musik ini selalu diusung oleh sekelompok pemusik atau penyanyi tertentu yang setia terhadap jenis musik tersebut.

kunjungi juga: http://matakristal.com/

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar